Cari Duit Mandiri

Merawat Layar Laptop


Menikmati tampilan layar laptop yang bersih adalah idaman bagi para pemilik perangkat yang dirilis pertama kali oleh Gavilan Computer pada tahun 1983 ini. Oleh karena itulah peralatan dan perlakuan yang tepat pada komponen yang satu ini merupakan hal yang mutlak. Bahwa layar laptop adalah komponen yang sangat sensitif sudah menjadi pengetahuan umum.

Karenanya menghindarkan layar dari segala bentuk tekanan menjadi langkah yang paling sederhana yang patut diperhatikan. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak meletakkan benda apapun diantara keyboard dan layar laptop.Kerap dijumpai para pemilik laptop meletakkan kertas diantara layar dan keyboard kemudian menutup laptop sesaat setelah menyelesaikan atau menunda pekerjaan. Meskipun tipis kertas tadi dikhawatirkan akan menekan layar dan mengakibatkan kerusakan. Selain itu, tindakan tadi juga sangat riskan karena akan menggaris layar.

Layar yang “cacat” tentu akan mengganggu kenyamanan saat bekerja. Tindakan pencegahan berikut yang bisa dilakukan untuk menghindari goresan dan tekanan pada layar laptop adalah untuk tidak menyentuh layar dengan tangan atau benda lain. Saat bekerja, sering kali pengguna hendak menunjuk salah satu bagian yang ditampilkan oleh layar dengan tangan atau misalnya dengan pena atau alat lain.

Tindakan ini pun sangat berbahaya karena selain dapat menggores dan merusak, minyak, debu dan kotoran yang menempel pada tangan bisa meninggalkan kotoran pada layar. Kalau memang ingin menunjukkan hasil kerja pada rekan kursor mouse pun bisa digunakan.

Kemudian saat hendak membersihkan layar, pastikan kain yang benar-benar bersih dan lembutlah yang digunakn dan usap layar secara perlahan. Kalau hanya sekedar membersihkan debu yang menempel, bisa memakai blower. Sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan kain dari serat sintesis, karena lagi-lagi dikhawatirkan dapat menggores permukaan layar laptop.

Penggunaan cairan pembersih pun masih menimbulkan pro dan kontra. Untuk itu tanyakan pada vendor laptop apakah hal ini boleh dilakukan atau tidak. Jika boleh, ada baiknya untuk tidak menyemprot langsung cairan ke layar, tapi semprotkan terlebih dahulu pada kain, baru kemudian usap pada layar laptop. Demikian pula dianjurkan untuk menghindari suhu terlampau ekstrem seperti dibawah matahari langsung atau suhu yang terlampau dingin dan hindari laptop dari benturan.

Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+

1 komentar:

Clip 03.53  

wah mksh mas.. infonya berguna... :)

Posting Komentar

  Copyright © MPj || The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP