Cari Duit Mandiri

Cara menginstal Program JAVA

Dalam postingan ini, saya ingin membagikan beberapa program java yang sederhana. Bukan bermaksud untuk mengajari sobat semua, tapi hanya berbagi pengetahuan dari pemikiran sederhana. Disini saya menggunakan software java jdk1.6.0_14, type software ini untuk windows dan sobat semua bisa mendownload versi terbaru nya di klik disini. Setelah sobat sudah mendapat sofwarenya maka, install saja seperti menginstal software biasanya. Nah, jika sudah restart computer sobat dan untuk langkah terakhir sobat harus membuat PATH agar java yang sudah diinstal tadi bisa anda gunakan.
Berikut caranya :
NB: Sistem operasi yang saya gunakan adalah windows dan saya instal di directory D,

1. Buka windows explorer (Logo windows + E) >> klik dimana lokasi Drive system operasi anda mis, saya di drive D.

2. Pilih program files >> Java >> Jdk1.6.0_14 >> bin

3. Lalu pada address windows anda copy isi address tersebut, jika pada computer saya
D:\Program Files\Java\jdk1.6.0_14\bin;

4. Kemudian klik kanan My computer >> pilih properties >>Tab Advanced, maka akan tampil kotak dialog seperti berikut ini:


5. Pilih Environment Variables, maka akan tampil kotak dialog, dan pada tabel User variable klik New maka akan muncul kotak seperti dibawah ini, kemudian pada variable name ketik PATH dan pada variable name paste alamat yang telah sobat copy tadi lalu klik Ok.


6. Sekarang, untuk membuktikan apakah sobat berhasil menginstal Java dengan benar, Start >> Run (Logo windows + R) kemudian ketik cmd >> klik Ok
7. Maka kotak CPrompt akan muncul, kemudian sobat ketik javac dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini maka saya ucapkan SELAMAT, sobat telah berhasil untuk menginstal java.

Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+

12 komentar:

afif 11.28  

ada yang kurang nih Mas... di variable value kurang ".;"

jadinya .;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_06\bin;

sekian

Anonim,  18.48  

e..e.. ternyata punya bg martin toh...
oke la bg. hpy posting la..

MarthinPj 15.35  

@Afif : Thanks bro, lupa kemaren. Sepph

Unknown 21.11  

terima kasih banyak. :D
ijin copy yaa pak, buat tugas :)

Unknown 10.35  

terima kasih atas infonya.
boleh dong sekali-kali mampir di website kami,di http://www.unsri.ac.id

wahid 22.39  

punya saya koq gak mau jg ya, apa path yang ada gak boleh dihapus ya?

Unknown 21.41  

terima kasih atas infonya.
boleh dong sekali-kali mampir di website saya,di http://valovegainside.blogspot.com/

agen jam tangan 22.37  

makasih banget gan infonyaa
nice tutorial
:-bd

Unknown 23.12  

makasi gan infonya

nubi 16.17  

postingan yang sangat bermanfaat dan memberi nilai tambah bagi saya newbie yang gaptek hehehe.
saya coba belum berhasil paki java JRE 7u25 bukan JDK nyari2 JDKnya koq gak ada, apa saya salah yang download ya.
mohon pencerahannya.
trima kasih

Cobaenter 21.51  

Mantaaaff !!!
kunjungi juga web ane :D
www.cobaenter.web.id

desrat 08.05  

Terima Kasih informasinya mengenai cara setting java. Informasi yang sangat membantu :)

Posting Komentar

  Copyright © MPj || The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP