Cari Duit Mandiri

Kiat Praktis Menghemat “Harddisk”


Seiring dengan berkembangnya data dan aplikasi yang disimpan, lambat laun “ruang kosong” dalam harddisk tentu akan berkurang. Dan kalau “ruang”tersebut semakin sempit,

pengguna computer akan dihadapkan pada beberapa pilihan :

 Menambah atau mangganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar
 Mengganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar
 Membackup data pada CD atau media penyimpanan lain
 Menghapus beberapa data atau aplikasi yang tidak penting

Namun disamping cara-cara tersebut, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian “ruang” harddisk yaitu :

o Menggunakan fasilitas kompresi yang kini menjadi standart dalam sebuah computer. Dengan cara ini ukuran file bisa didapatkan dan tentu menghemat harddisk, software “winrar” atau “ZIP” yang digunakan bisa anda dapatkan dengan mudah dengan klik disini atau software CD perangkat lunak.
o Menghapus semua file yang ada dalam recycle bin. Beberapa pengguna computer terkadang tidak menyadari bahwa data-data yang sudah dihapus akan masuk kedalam recycle bin yang masih memiliki ukuran data yang memakan harddisk. Oleh karenanya kalau yakin data dalam recycle bin sudah tidak digunakan lagi lebih baik dihapus.
o Kemudian seringkali computer membuat file-file baru, misalnya file yang dibuat untuk mengcover ketika computer hang, crash, atau sekedar mem back-up saat pengguna membuka sebuah data (*.tmp). File-file yang sudah tidak diperlukan ini lebih baik dihapus. Dalam system operasi windows langkah ini bisa dilakukan dengan scandisk .
o Melakukan defragment secara teratur paling tidak sebulan atau dua bulan sekali menjadi langkah yang dilakukan agar file-file dalam computer tertata dengan rapi. Ini memang tidak menambah “ruang kosong” harddisk, namun selain lebih efisien cara ini akan mempercepat akses data.

Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+

0 komentar:

Posting Komentar

  Copyright © MPj || The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP