Cari Duit Mandiri

Membuat Partisi Windows 7 Tanpa Software


Membuat partisi pada windows 7 dapat kita lakukan dengan mudah. Partisi merupakan melakukan pembagian harddisk agar file/data bisa disusun dan lebih terstrukur. Biasanya pada saat kita pertama kali menginstal ulang komputer/laptop maka partisi hanya satu saja yaitu drive C. Akan tetapi anda tidak perlu bingung untuk melakukan pembagian partisi ini dan anda juga tidak perlu harus booting dan masuk melalui bios lalu melakukan partisi atau mungkin dengan software partition yang sudah banyak beredar di internet saat ini.



Pembagian drive ini bisa kita lakukan setelah kita menginstal ulang komputer. Cara pembagian drive inilah yang akan diberikan pada tutorial ini. Pembagian drive ini disebut dengan Shrinking the System Partition.



NB : Saat anda selesai melakukan partisi drive maka anda tidak perlu lagi melakukan restart untuk melihat hasilnya karena secara otomatis telah terbagi.



Berikut langkah-langkah yang harus anda ikuti :

  1. Klik logo windows yang berada disebelah kiri bawah layar komputer anda.

  2. Lalu pilih Control Panel >> System and Maintenance >> Administrative Tools >> Computer Management.


  3. Klik pilihan Storage, dan akan terbuka Disk Management console.

  4. Pilih drive yang akan anda bagi, misalnya saja anda ingin membagi Drive C.

  5. Lalu Klik kanan drive yang akan dibagi lalu anda pilih Shrink Volume.


  6. Maka kotak dialog Shrink untuk pembagian drive akan muncul,

  7. Lalu pada kotak Enter the amount the space to shrink in MB, silahkan anda input kapasitas drive dalam satuan Mb (1 Gb = 1000 Mb). Perlu juga anda ketahui bahwa kapasitas drive yang baru anda buat tidak boleh melebihi ruang kosong drive yang lama. Jika sudah sesuai, klik tombol Shrink.


  8. Setelah di Shrink akan muncul partisi baru yang masih kosong berwarna hitam.

  9. Lalu klik kanan pada partisi kosong itu dan pilih ‘New Simple Volume’ >> Lalu klik Next >> Next >> Next >> Next lagi >> dan Finish.



Maka partisi yang berwarna hitam tadi menjadi warna biru, dan drive yang baru ini sudah bisa anda gunakan untuk penyimpanan data.


Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+

1 komentar:

Anonim,  20.30  

thank's ya brooo

Posting Komentar

  Copyright © MPj || The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP